Mobil Mewah Untuk Guru

Hari ini baru heboh berita tentang para menteri yang akan mendapatkan mobil-mobil mewah sebagai sarana dalam menjalankan tugas kenegaraan.

Hal ini bisa Anda baca di media Indonesia. Saat mendengar hal itu dibahas di metro TV dan membacanya di internet, saya sedikit geli dengan ide menggelitik saya yakni “bila yang dikasih mobil mewah guru-guru, apakah yang akan terjadi ?”

Saya jadi teringat cerita teman saya di sebuah negara (Kalau gak Brunai, mungkin di Eropa), pemerintah mempunyai kebijakan untuk guru-guru maupun dosen. Kebijakan tersebut adalah guru maupun dosen harus mengendari mobil pribadi untuk ke kampus atau sekolah. Alasannya untuk menjaga martabat guru, supaya tidak menjadi bahan ejekan murid-muridnya. Bila belum mampu akan mendapat bantuan dana kredit dari pemerintah.

Saya bayangkan bila pemerintahan Indonesia mau memberikan fasilitas senada untuk guru-gurunya, yach gak usah mahal-mahal seperti mobil dinas punya para menterinya presiden. Pasti warna pendidikan di Indonesia pasti lebih dinamis dan semangat guru-guru untuk mengajar makin bertambah. Paling tidak kalau hujan tidak usah takut datang ke sekolahan. Bayangkan bila guru-guru di Indonesia bersemangat mengajar naik 100%, investasi yang ditanamkan pemerintah bisa dinikmati 5-12 tahun kemudian, yaitu munculnya ahli-ahli dibidangnya.

Tapi tidak dipungkiri juga bila guru udah keenakan apakah nantinya akan bekerja efektif ? saya lebih suka berpikir positif, bila guru-guru nyaman dalam perjalanan ke sekolah maka mereka bisa lebih mencurahkan pikirannya untuk mengembangkan pengajaran dan kreatifitas dalam menjalankan dinamika kelas.

Jauh dari itu semua saya tetap mendorong rekan-rekan guru lainnya untuk tetap smart dalam mengajar.

dikutip di kompasiana

Tinggalkan Balasan

